Saturday, February 9, 2008

kisi-kisi UN/USBN 2008

I. Ciri makhluk hidup
Indikator : disajikan sebuah gambar hewan atau tumbuhan tertentu, peserta didik dapat menyebutkan salah satu ciri khususnya

2. Penggolangan makhluk hidup
Indikator : disajikan ciri-ciri beberapa hewan atau nama beberapa hewan,peserta didik dapat menggolongkan hewan tersebut berdasarkan ciri yang dimilikinya

3. Cara Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
Indikator : pesrta didik dapat menentukan cara perkembangbiakan hewan melalui beberapa sajian gambar atau cici-cinya

4. Cara Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
Indikator : disajikan sebuah gambar proses perkembangbiakan tumbuhan tertentu,peserta didik dapat menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan tersebut……………………………………………………………….

5. Manfaat hewan dan tumbuhan
Indikator : Peserta didik dapat menjelaskan akibat adanya pemanfaatan hewan tertentu secara berlebihan…………..

6. Manfaat hewan dan tumbuhan
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan bagian tumbuhan yang mempunyai manfaat tertentu ……………..

7. Upaya pelestarian hewan dan tumbuhan langka
Indikator : peserta didik dapat menentukan salah datu upaya pelestarian hewan dan tumbuhan …………………...

8. Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan keadaan populasi hewan dalam sebuah komunitas karena adanya gangguan terhadap komunitas tersebut ……………………..




9. Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
Indikator : disajikan sebuah ilustrasi tentang ketergantungan 2 makhluk hidup yang berbeda…………...


10. Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
Indikator : peserta didk dapat menentukan kedudukan makhluk hidup dalam suatu rantai makanan /komunitas (produses, konsumun I,II……………………………………………

11.Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.
Indikator : peserta didik dapat menentukan bentuk paruh unggas tertentu, sesuai dengan jenis makanannya melalui sajian beberapa gambarparuh………………………………….

12. Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.
Indikator : disajikan gambar tumbuhan, pesrta didik dapat menyebutkan cara penyesuaian diri tumbuhan tersebut terhadaplingkungan ………………………………………………

13. Rangka manusia, fungsi dan pemeliharaannya.
Indikator : disajikan gambar bagian rangka atau persendian pada manusia, peserta didik dapat menjelaskan fungsi rangka atau persendian tersebut ……..

14. Alat indera manusia.
Indikator : disajikan gambar salah satu alat indera manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi bagian alat indera yang ditunjukkan dengan tanda tersebut ……..

15. Alat pernapasan manusia
Indikator : peserta didik dapat menentukan jenis hewan yang memiliki alat pernapasan tertentu mel;alui sajian beberapa gambar…………………………………………………

16. Alat pencernaan makanan pada manusia.
Indikator : disajikan gambar saluran pencernaan manusia,peserta didik dpat menjelaskan proses pencernaan yang terjadi pada organ tertentu……………...

17. Alat peredaran darah pada manusia.
Indikator : peserta didkdapat menjelaskan fungsi salah satu sel darah………………………………………………………..



18. Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
Indikator : peserta didik dapat menentukan salah satu fungsi bagian tumbuhan………………………………………….

19. Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan peran gizi yang terkandung dalam makanan …………………………….

20. Penyakit dan pecegahannya
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan upaya pencegahan penyekit tertentu………………………………….

21. Perubahan wujud benda
Indikator : menyebutkan jenis perubahan wujud benda ….

22.Manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : peserta didk dapat menunjukkan contoh manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari ……………………………………………………………

23. Pengaruh suhu tehadap kehidupan.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap proses kegiatan………………………………….

24. Berbagai macam bentuk dan sumber energi.
Indikator : disajikan gambar alat tertentu,peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan pada suatu kegiatan ……………………………………………...

25. Cara menghemat enrgi.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan cara menghemat energi tertentu……………………………………...

26.Perubahan bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator : disajikan sebuah alat/pernyataan,peserta didik dapat menjelaskan bentuk perubahan energi dari alat tertentu ……………………………………………………………….

27. Energi alternatif.
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan contoh energi alternatif……………………………………………………..




28. Macam-macam gaya,pengaruh danmanfaatnya.
Indikator : disajikan gambar kegiatan tertentu,peserta didik dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan untukkegiatan tersebut……………………………………………

29.Macam-macam pesawat sederhana contoh dan manfaatnya.
Indikator : disajikan gambar kegiatan yang berhubungan dengan alat pesawat sederhana ,peserta didik dapat menentukan tenaga terbesar/terkecil…………………………

30.Macam-macam pesawat sederhana contoh dan manfaatnya.
Indikator :disajikan gambar fenomena,peserta didik dapat mengidentifikasi pesawat sederhana yang tepat digunakan sesuai gambar ……………………………………….

31. Sifat-sifat cahaya.
Indikator : disajikan gambar percobaan peristiwa yang berkaitan dengan sifat-sifat cahaya,peserta didik dapat mengidentifikasi sifat cahaya yang terjadi pada peristiwa tersebut ………………………………………………………………

32. Sifat-sifat cahaya.
Indikator : peserta didk dapat menentukan pemantulan cahaya (sifat bayangan) melalui cermin tertentu (datar,cekung dan cembung )………………………………….

33. Jenis-jenis sumber daya alam.
Indikator disajikan tabel beberapa sumber daya alam, peserta didik dapat mengelompokan sesuai jenisnya (dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui)………

34. Manfaat sumberdaya alam.
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan contoh pemanfaatan sumberdaya alam……………………………….

35. Pelestarian sumber daya alam.
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan contoh upaya pelestarian sumber daya alam ………………………...

36. Gejala alam dan dampaknya bagi kehidupan.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan dampak gejala alam bagi kehidupan 37. Sistem tata surya.
Indikator : disajikan gambar tata surya / ciri planet, peserta didik dapat menentukan nama planet tersebut ….

38. Gerakan bumi dan bulan.
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan akibat dari rotasi/revolusi bumi ………………………………………………...

39. Gerhana matahari dan bulan.
Indikator : disajikan gambar peristiwa gerhana (bulan/matahari), peserta didik dapat menyebutkan jenis gerhana ……………………………………………………………...

40. Sistem penanggalan.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan dasar menentuan penaggalan (tahun Masehi atau Hijriyah)…….

No comments: