I. Ciri makhluk hidup
Indikator : disajikan sebuah gambar hewan atau tumbuhan tertentu, peserta didik dapat menyebutkan salah satu ciri khususnya
2. Penggolangan makhluk hidup
Indikator : disajikan ciri-ciri beberapa hewan atau nama beberapa hewan,peserta didik dapat menggolongkan hewan tersebut berdasarkan ciri yang dimilikinya
3. Cara Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
Indikator : pesrta didik dapat menentukan cara perkembangbiakan hewan melalui beberapa sajian gambar atau cici-cinya
4. Cara Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
Indikator : disajikan sebuah gambar proses perkembangbiakan tumbuhan tertentu,peserta didik dapat menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan tersebut……………………………………………………………….
5. Manfaat hewan dan tumbuhan
Indikator : Peserta didik dapat menjelaskan akibat adanya pemanfaatan hewan tertentu secara berlebihan…………..
6. Manfaat hewan dan tumbuhan
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan bagian tumbuhan yang mempunyai manfaat tertentu ……………..
7. Upaya pelestarian hewan dan tumbuhan langka
Indikator : peserta didik dapat menentukan salah datu upaya pelestarian hewan dan tumbuhan …………………...
8. Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan keadaan populasi hewan dalam sebuah komunitas karena adanya gangguan terhadap komunitas tersebut ……………………..
9. Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
Indikator : disajikan sebuah ilustrasi tentang ketergantungan 2 makhluk hidup yang berbeda…………...
10. Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
Indikator : peserta didk dapat menentukan kedudukan makhluk hidup dalam suatu rantai makanan /komunitas (produses, konsumun I,II……………………………………………
11.Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.
Indikator : peserta didik dapat menentukan bentuk paruh unggas tertentu, sesuai dengan jenis makanannya melalui sajian beberapa gambarparuh………………………………….
12. Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.
Indikator : disajikan gambar tumbuhan, pesrta didik dapat menyebutkan cara penyesuaian diri tumbuhan tersebut terhadaplingkungan ………………………………………………
13. Rangka manusia, fungsi dan pemeliharaannya.
Indikator : disajikan gambar bagian rangka atau persendian pada manusia, peserta didik dapat menjelaskan fungsi rangka atau persendian tersebut ……..
14. Alat indera manusia.
Indikator : disajikan gambar salah satu alat indera manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi bagian alat indera yang ditunjukkan dengan tanda tersebut ……..
15. Alat pernapasan manusia
Indikator : peserta didik dapat menentukan jenis hewan yang memiliki alat pernapasan tertentu mel;alui sajian beberapa gambar…………………………………………………
16. Alat pencernaan makanan pada manusia.
Indikator : disajikan gambar saluran pencernaan manusia,peserta didik dpat menjelaskan proses pencernaan yang terjadi pada organ tertentu……………...
17. Alat peredaran darah pada manusia.
Indikator : peserta didkdapat menjelaskan fungsi salah satu sel darah………………………………………………………..
18. Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
Indikator : peserta didik dapat menentukan salah satu fungsi bagian tumbuhan………………………………………….
19. Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan peran gizi yang terkandung dalam makanan …………………………….
20. Penyakit dan pecegahannya
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan upaya pencegahan penyekit tertentu………………………………….
21. Perubahan wujud benda
Indikator : menyebutkan jenis perubahan wujud benda ….
22.Manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : peserta didk dapat menunjukkan contoh manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari ……………………………………………………………
23. Pengaruh suhu tehadap kehidupan.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap proses kegiatan………………………………….
24. Berbagai macam bentuk dan sumber energi.
Indikator : disajikan gambar alat tertentu,peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan pada suatu kegiatan ……………………………………………...
25. Cara menghemat enrgi.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan cara menghemat energi tertentu……………………………………...
26.Perubahan bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator : disajikan sebuah alat/pernyataan,peserta didik dapat menjelaskan bentuk perubahan energi dari alat tertentu ……………………………………………………………….
27. Energi alternatif.
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan contoh energi alternatif……………………………………………………..
28. Macam-macam gaya,pengaruh danmanfaatnya.
Indikator : disajikan gambar kegiatan tertentu,peserta didik dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan untukkegiatan tersebut……………………………………………
29.Macam-macam pesawat sederhana contoh dan manfaatnya.
Indikator : disajikan gambar kegiatan yang berhubungan dengan alat pesawat sederhana ,peserta didik dapat menentukan tenaga terbesar/terkecil…………………………
30.Macam-macam pesawat sederhana contoh dan manfaatnya.
Indikator :disajikan gambar fenomena,peserta didik dapat mengidentifikasi pesawat sederhana yang tepat digunakan sesuai gambar ……………………………………….
31. Sifat-sifat cahaya.
Indikator : disajikan gambar percobaan peristiwa yang berkaitan dengan sifat-sifat cahaya,peserta didik dapat mengidentifikasi sifat cahaya yang terjadi pada peristiwa tersebut ………………………………………………………………
32. Sifat-sifat cahaya.
Indikator : peserta didk dapat menentukan pemantulan cahaya (sifat bayangan) melalui cermin tertentu (datar,cekung dan cembung )………………………………….
33. Jenis-jenis sumber daya alam.
Indikator disajikan tabel beberapa sumber daya alam, peserta didik dapat mengelompokan sesuai jenisnya (dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui)………
34. Manfaat sumberdaya alam.
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan contoh pemanfaatan sumberdaya alam……………………………….
35. Pelestarian sumber daya alam.
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan contoh upaya pelestarian sumber daya alam ………………………...
36. Gejala alam dan dampaknya bagi kehidupan.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan dampak gejala alam bagi kehidupan 37. Sistem tata surya.
Indikator : disajikan gambar tata surya / ciri planet, peserta didik dapat menentukan nama planet tersebut ….
38. Gerakan bumi dan bulan.
Indikator : peserta didik dapat menyebutkan akibat dari rotasi/revolusi bumi ………………………………………………...
39. Gerhana matahari dan bulan.
Indikator : disajikan gambar peristiwa gerhana (bulan/matahari), peserta didik dapat menyebutkan jenis gerhana ……………………………………………………………...
40. Sistem penanggalan.
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan dasar menentuan penaggalan (tahun Masehi atau Hijriyah)…….
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment