Wednesday, November 5, 2008

Keberhasilan Pendidikan Sekolah

suatu keberhasilan pendidikan biasanya selalu diukur secara angka misalnya nilai, jumlah, padahal ada hal yang paling mendasar apada proses keberhasilan pendidikan khususnya di sekolah formal.
ada tiga komponen keberhasilanan pendidikan di sekolah
  1. guru /Pendidik
  2. peserta didik
  3. orang tua murid


pertama guru sebagai pendidik, kedua siswa sebagai subjek PMB, dan yang ketiga orang tua , tiga komponen tersebut saling berkaitan. Guru merupakan orang yang paling berpotensi dalam mempengaruhi sifat dan karakter, bila dilihat dari jumlah jam pada sekolah yang menerapkan system full day guru dapat berinteraksi ± 7 jam perhari, kenyamanan guru tentunya sangat mempengaruhi interaksi dengan peserta didik tersebut. Orang tua merupakan orang dewasa yang sengaja menyekolahkan putra/putrinya tentunya dengan sebuah harapan besar agar anak mereka dapat tergali potensinya dan islami, karena mereka sadar bahwa dengan keterbatasan waktu dan kemampuan mereka harus memilih sekolah yang dapat menutupi itu semua. Sehingga dalam hal ini sekolah harus dapat menjadikan dirinya menjadi rumah yang nyaman bagi ketiga komponen tersebut. Guru merasa nyaman berada disekolah dengan segala rutinitasnya, sehingga bebas berekspresi untuk mengembangkan diri, siswa bersemangat dengan guru mereka yang selalu tampil sebagai motivator dalam hidupnya dan orang tua merasa puas dengan pelayanan sekolah sehingga orang tua dapat menjalin hubungan yang baik dan menjadi mitra guru ketika peserta didik kembali kerumahnya. Saya yakin dengan hal di atas sekolah akan lebih baik lagi dan akan lebih dipercaya oleh masyarakat/orang tua yang sedang mencari tempat yang tepat untuk putra/putrinya.

No comments: